Update Kasus di KPK

Mardani Maming Merasa Dikriminalisasi Mafia Hukum, Deputi KPK: Mafia-mafia yang Mana?

Jumat, 24 Juni 2022 - 11:40
KONFERENSI PERS - Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto/ Foto: VOI

VONIS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak ingin menanggapi lebih jauh perihal tudingan Mardani H Maming yang menyatakan dirinya dikriminalisasi mafia hukum

Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto juga menanyakan mafia-mafia mana yang dimaksud. 

Ia juga meminta agar pihak-pihak terkait tak memberikan tuduhan demikian. 

"Kami tidak akan berkomentar panjang lebar soal ini, ada mafia dan lain-lain. Alangkah beraninya KPK, beraninya disuruh mafia-mafia yang mana? Jangan menuduh, kan gitu," kata Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto dalam konferensi pers di gedung KPK Merah Putih, Kamis (23/4/2022).

"Kami tidak akan menjawab panjang lebar. Nanti pada saatnya, pasti akan disampaikan kepada publik dengan fakta yang sejelas-jelasnya," lanjutnya.

Sebagai lembaga anti rasuah, kata Karyoto, tidak akan mungkin menetapkan status seseorang jika tidak memiliki alat bukti yang cukup.

Karyoto menegaskan tidak ada intervensi atau kekuatan lain dalam perkara Mardani Maming tersebut.

"Apa pun ceritanya, kalau ada kekuatan tertentu meng-endorse suatu perkara, kalau tidak cukup alat buktinya, dan tidak ada faktanya, mana mungkin kami berani itu. Itu yang patut dan tolong dicatat, jadi tidak ada kekuatan lain membuat fakta-fakta baru," ujarnya.

Lebihlanjut, disampaikan Karyoto bahwa Mardani H Maming dapat mengajukan praperadilan.

"Kalau memang waktunya, yang bersangkutan tidak terima, ada lembaganya, praperadilan dan lain-lain. Silakan. Jadi kita tidak terlalu dipusingkan dengan hal-hal seperti itu," ujar Karyoto.

Karyoto berpesan agar proses hukum itu tidak direspons dengan opini. Hukum dilawan dengan fakta.

"Hukum tidak dengan opini. Hukum silakan dibahas dengan fakta-fakta. Dan itu juga ada salurannya, lewat peradilan, praperadilan, dan lain-lain. Karena hak-hak seorang saksi, seorang tersangka akan dilindungi dengan undang-undang," jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, politikus PDIP Mardani H Maming respon terkait tindakan hukum KPK yang menjadikannya tersangka.

Mardani H Maming yang juga merupakan Bendahara Umum (Bendum) PBNU itu merasa dirinya dikriminalisasi.

HalamanĀ 
Tag berita:

HUKUM TERKINI

Waduh! AGM Belum Kembalikan Mobil Dinas ke Pemerintah, BPKAD Kesulitan Karena Ada Penolakan Demikian seperti disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Aset, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) PPU, Denny Handayansyah belum lama ini.
hukum Sabtu, 2 Juli - 17:07
Dua Orang Bernama Muhammad Gugat Holywings Rp 100 Miliar Kedua orang itu mengajukan gugatan lewat kuasa hukum mereka, yakni pengacara dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA).
hukum Jumat, 1 Juli - 17:07
Update Kasus Eks Bupati PPU, AGM Terima Uang dari Bawahan Rp 500 Juta Bekas orang nomor satu di Kabupaten PPU itu juga pernah menerima aliran dana dari bawahannya sebesar Rp 500 juta.
hukum Rabu, 29 Juni - 22:06
Update Kasus di KPK KPK Geledah Penthouse Mardani Maming di Kempinski Meski demikian, ia belum menjelaskan terkait proses penggeledahan dan apa saja yang telah didapat KPK dari hasil penggeledahan itu.
hukum Selasa, 28 Juni - 12:06
Emirsyah Satar Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi Pengadaan Pesawat PT Garuda Indonesia Selain Emirsyah, Kejaksaan Agung juga menetapkan tersangka lain yaitu mantan Direktur Mugi Rekso Abadi, Soetikno Soedarjo.
hukum Senin, 27 Juni - 18:06
Duduk Perkara Kasus Pengadaan Pesawat PT Garuda Indonesia, Tersangka Baru Diumumkan Hari Ini Hari Ini, Senin (27/6/2022), Kejaksaan Agung (Kajagung) RI akan umumkan tersangka baru untuk kasus dugaan pengadaan pesawat PT Garuda Indonesia.
hukum Senin, 27 Juni - 12:06
Kasus Minuman Beralhokol Gratis 'Muhammad' dan 'Maria' Buat Hotman Paris Minta Maaf Saat Hotman Paris bertemu Ketua MUI itu, dia meminta maaf atas promo Holywings minuman beralkohol gratis untuk sosok bernama 'Muhammad' dan 'Maria' yang menjadi polemik.
hukum Senin, 27 Juni - 9:06
Senin Besok, Kejagung Umumkan Tersangka Baru Kasus Pengadaan Pesawat PT Garuda Indonesia Pengumuman akan tersangka baru dalam kasus dugaan pengadaan pesawat PT Garuda Indonesia periode 2011-2021 akan dilakukan Kejaksaan Agung (Kajagung) pada Senin besok.
hukum Minggu, 26 Juni - 18:06
Terdakwa Pengedar Narkoba Divonis Penjara Seumur Hidup di PN Samarinda Ketiga terdakwa sebelumnya dinyatakan secara sah dan terbukti bersalah terlibat peredaran narkoba dengan berat fantastis itu di Samarinda beberapa waktu sebelumnya.
hukum Jumat, 24 Juni - 20:06
KPK Minta Pemkab Kukar Amankan Aset Tanah Senilai Rp69 Miliar Sebelumnya, pada 2021 Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Pemkab Kukar telah berkoordinasi dengan instansi ATR/BPN dan menyerahkan dokumen-dokumen.
hukum Jumat, 24 Juni - 18:06
Update Kasus di KPK Mardani Maming Merasa Dikriminalisasi Mafia Hukum, Deputi KPK: Mafia-mafia yang Mana? Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak ingin menanggapi lebih jauh perihal tudingan Mardani H Maming yang menyatakan dirinya dikriminalisasi mafia hukum.
hukum Jumat, 24 Juni - 11:06
Dugaan Suap Bupati AGM Sidang AGM, Saksi dari Demokrat dan Nur Afifah Balqis Beda Jawaban soal Uang Rp 20 Juta Pada sidang beragendakan pemeriksaan saksi lanjutan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menghadirkan 7 orang saksi.
hukum Kamis, 23 Juni - 0:06
ASN Berau Dieksekusi Kejaksaan, Kasus Korupsi Dana Samsat Rp 6 Miliar Pelaku kasus rasuah senilai Rp 6 miliar itu diketahui merupakan seorang pria berstatus aparatur sipil negara (ASN) berinisial AL.
hukum Rabu, 22 Juni - 14:06
Upodate Kasus di KPK Usai Pemeriksaan KPK, Dirut Summarecon Jalan Cepat saat Ditanya Media Adrianto Pitojo Adhi diketahui diperiksa penyidik KPK sebagai saksi kasus dugaan suap pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Apartemen Royal Kedhaton yang digarap anak usaha Summarecon Agung.
hukum Rabu, 22 Juni - 13:06
Usai Dicopot Jokowi, Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi Bakal Diperiksa Kejagung Sebagai informasi, kasus ini telah menyeret nama Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana sebagai tersangka.
hukum Selasa, 21 Juni - 23:06