Update Terkini

Pungli PTSL Mencoreng Citra Pejabat Publik, Komisi I Harapkan Para Pelaku Ditindak Tegas

Sabtu, 9 Oktober 2021 - 18:51
SOROTI PUNGLI - Suparno Sekretaris Komisi I DPRD Samarinda menyayangkan aksi pungli Program PTSL di Kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan, Samarinda/vonis.id

VONIS.ID, SAMARINDA - Aksi pungutan liar senilai Rp1,5 juta pada Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di Kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan yang menyeruak pada Senin (4/10/2021) kemarin kini menjadi sorotan banyak pihak.

Satu di antaranya, yakni Suparno Sekretaris Komisi I DPRD Samarinda yang sangat menyayangkan tindakan pungli oknum tidak bertanggung jawab tersebut. 

Sebab sejatinya, Program PTSL yang digalangkan Presiden RI Joko Widodo pada 2018 yang bertujuan membantu masyarakat mendapatkan hak sertifikasi tanah justru dimanfaatkan mencari keuntungan pribadi.

"Sebenarnya dalam aturan PTSL itu ada pembayaran, tapi maksimalnya cuman Rp250 ribu. Jadi kalau ada patokan lebih dari ketentuan jelas itu pungli. Dan apapun bentuknya, yang namanya pungli itu jelas menyalahi aturan yang ada," ucap Porno sapaan karibnya, Sabtu (7/10/2021) siang tadi. 

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo pun telah menegaskan larangan pungli dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS pada 31 Agustus 2021. 

Dalam PP tersebut, poin pertama dengan tegas mengatakan PNS dilarang melakukan pungutan di luar ketentuan.

Halaman 
Tag berita:

ADVERTORIAL TERKINI

Update Terkini Geliat PKL Tepian Mahakam, DPRD Samarinda Usulkan Pos Jaga untuk Antisipasi Keamanan Setempat Akan tetapi, para pedagang yang mulai kembali menjajakan dagangannya saat ini telah diatur agar lebih rapi dan serta menjadi daya pikat Kota Tepian.
advertorial Selasa, 30 November - 22:11
Update Terkini Penerapan Aplikasi PeduliLindungi Mendapat Apresiasi dari Komisi I DPRD Samarinda Seperti satu di antaranya, yakni program berbasis aplikasi PeduliLindungi yang akan menjawab pelayanan publik bagi masyarakat ibu kota Kaltim.
advertorial Selasa, 30 November - 22:11
Update Terkini Program Probebaya Mulai Direalisasikan, DPRD Samarinda Ingatkan Fungsi Pengawasan Agar Tepat Sasaran Politisi Fraksi Demokrat tersebut menilai, kontrol harus betul-betul dijalankan oleh perangkat pemerintah selaku penanggung jawab.
advertorial Selasa, 30 November - 22:11
Update Terkini Pelantikan TAP Diharapkan DPRD Samarinda Mampu Menyelesaikan Polemik dan Meningkatkan Program Pembangunan Dukungan pada TAP ini dirasa oleh Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Markaca bisa membantu peningkatan sekaligus perumusan program-program pembangunan yang telah dicanangkan.
advertorial Senin, 29 November - 21:11
Update Terkini DPRD Samarinda Setujui Wacana Pemkot Bangun Gedung Kesenian Polder Air Hitam Dengan Catatan Tepat Sasaran Sebab ia tak ingin pembangunan gedung opera yang akan diwacanakan hanya sebatas kebijakan politik karena sejatinya masih banyak gedung tidak terawat lainnya.
advertorial Senin, 29 November - 20:11
Update Terkini Tanggulangi Masalah Banjir, Samri Shaputra Juga Harapkan Pemkot Samarinda Fokus Perbaiki dan Pembenahan Drainase Sementara itu, saat disinggung lebih jauh mengenai anggaran alokasi pengelolaan drainase, Politisi Fraksi PKS tersebut mengatakan bahwa tidak ada anggaran khusus untuk pemeliharaan secara berkala.
advertorial Senin, 29 November - 20:11
Update Terkini Momok Banjir Masih Menghantui, DPRD Samarinda Harapkan Perawatan Drainase Dilakukan Secara Rutin Menganggapi permasalahan tersebut, Sekertaris Komisi III DPRD Samarinda, Muhammad Novan Syahronny Pasie menduga jika permasalahan disebabkan kondisi drainase.
advertorial Senin, 29 November - 20:11
Update Terkini Penggodokan Ulang Perda IMTN, Komisi I DPRD Tegaskan Revisi Tidak Ditunggangi Kepentingan Tertentu Dalam kajian perda tersebut, dijelaskan Anggota Komisi I DPRD Samarinda, Joni Sinatra Ginting meminta agar diadaknnya revisi akan produk hukum tersebut.
advertorial Senin, 29 November - 19:11
Update Terkini Harapkan Kenaikan Upah Buruh, DPRD Samarinda Kebijakan Internal Pemda Bersama Para Pengusaha Kepada awak media, Sopian menururkan kenaikan upah tak hanya menunjang semangat kerja, namun juga untuk memenuhi hak-hak kesejahteraan buruh.
advertorial Senin, 29 November - 19:11
Update Terkini Pengesahan APBD Murni 2022 Ditarget Selesai Akhir November, Subandi : Satu Bulan Sebelum Penggunaan Harus Disahkan Politisi PKS ini juga menjelaskan, nantinya APBD Murni 2022 akan mengacu sesuai visi-misi Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso.
advertorial Senin, 22 November - 20:11
Update Terkini Anjal dan Gepeng Terus Menjamur, Komisi IV DPRD Samarinda Harapkan Empati Masyarakat Tak Salah Sasaran Meski terus diberantas, akan tetapi fenomena anak jalanan (anjal) dan gelandangan pengemis (gepeng) terus terjadi di hiruk pikuk perkotaan.
advertorial Sabtu, 20 November - 19:11
Update Terkini 28 Usulan Raperda Dijadwalkan Sah Pada 2022, Ketua Bapemperda DPRD Samarinda Sebut Setengahnya Sudah Disepakati Namun menjelang akhir tahun 2021, dikhawatirkan dalam proses pengesahan akan mengelami banyak kendala, semisal benturan agenda pemangku jabatan.
advertorial Kamis, 18 November - 18:11
Update Terkini Komisi IV DPRD Samarinda Harapkan Percepatan Revisi Perda Perlindungan Anak Disampaikan Ketua komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti penanganan kasus anak masih terkendala regulasi daerah yang belum disesuaikan dengan ketentuan di atasnya yang telah direvisi lebih dulu.
advertorial Senin, 15 November - 20:11
Update Terkini Apresiasi Pelaksanaan Event Fesma, Anggota Komisi II DPRD Samarinda Optimis Kebangkitan Ekonomi UMKM Acara tahunan Dinas Pariwisata (Dispar) Samarinda yang sukses terlaksana pada 5-7 November 2021 kemaren mendapat apresiasi para legislatif di gedung DPRD Samarinda.
advertorial Sabtu, 13 November - 22:11
Update Terkini Lanjutan Tinjauan Lokasi Tambang dan Perumahan Masih Tertunda, Angkasa Jaya Sampaikan Alasannya Disinggung lebih jauh kapan akan perampungannya agenda tujuan dewan, Angkasa menjawab jika melihat dari situasi saat ini diperkirakan selesai pada Januari 2022.
advertorial Sabtu, 13 November - 20:11