Media Sosial Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Rabu, 19 Februari 2020 - 14:38
Ilustrasi Media Sosial |unsplash.com/@timbennetcreative

VONIS.ID-Di masa sekarang ini, sudah bisa dipastikan semua orang sudah memiliki media sosial. Dengan adanya media sosial sudah tentu membuat kita lebih mudah berinteraksi dengan orang-orang terdekat kita, walau terhalang jarak yang sangat jauh. 

Terkadang, media sosial memang dapat mendekatkan sesuatu yang jauh, tetapi juga dapat menjauhkan yang dekat. Hal ini yang sebetulnya tidak baik untuk kamu. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk online, berarti semakin sedikit waktu kamu untuk bersosialisasi dengan keluarga bahkan orang lain yang ada disekitar kamu.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa, hubungan yang mengkhawatirkan karena media sosial lebih banyak di kalangan wanita muda. Maka dari itu, melakukan detox media sosial juga penting. Karena, melakukan detox ini berpotensi menurunkan perasaan depresi dan kesepian.

Dilansir dari laman thelist.com, tanda pertama kalau kamu sangat membutuhkan detox media sosial adalah kamu tidak dapat melepaskan telepon dari genggamanmu, seperti kecanduan untuk selalu mengecek media sosial. Psikolog klinis Melissa Hunt mengungkapkan kalau media sosial memicu otak untuk merespons kesenangan. Untuk itu, mendapatkan like atau komentar bisa membuat seseorang kecanduan. Jika kamu merasa kesepian, ini bisa menjadi tanda lain kalau kamu perlu istirahat dari media sosial. 

"Penggunaan media sosial memicu sistem otak untuk merespons kesenangan, termasuk sistem yang sama seperti menggunakan kokain," ungkapnya. 

Halaman 
Tag berita:

LIFESTYLE TERKINI

Update Terkini Cerita Pilu Sheila Marcia, Mulai dari Seks Bebas hingga Diuji oleh Tuhan Lebih lanjut, Sheila Marcia juga mengaku pernah kesulitan hidup saat Indonesia dihantam pandemi Covid-19 awal 2020 lalu.
lifestyle Senin, 1 November - 16:11
Virus Corona Memiliki Efek Jangka Panjang yang Bisa Dialami Pasien setelah Sembuh Sejak akhir Desember 2019, pandemi virus Corona COVID-19 terus menyebar di seluruh belahan dunia. Bahkan, saat ini sudah menyebar di beberapa daerah di Indonesia.
lifestyle Senin, 13 April 2020 - 16:04
Buka Konsultasi Covid-19 via Instagram, Inilah Daftar Dokter Indonesia yang Bisa Dihubungi Sudah hampir satu bulan, pemerintah mengimbau masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah. Tujuannya tak lain adalah memutus rantai penularan Covid-19.
lifestyle Minggu, 12 April 2020 - 21:04