Update Terkini

Dalami Pelaku Lain Pungli PTSL Sungai Kapih, Polisi Imbau Masyarakat yang Menjadi Korban Segera Melapor

Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:22
Wakapolresta Samarinda, AKBP Eko Budiarto saat merilis hasil ungkapan kasus pungli PTSL Kelurahan Sungai Kapih pada Senin (12/10/2021) dengan menetapkan dua tersangka, yakni Edi Apriliansyah dan Rusli/VONIS.ID

VONIS.ID, SAMARINDA - Kasus pungutan liar (Pungli) Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang dilakukan Lurah Sungai Kapih Edi Apriliansyah dan rekannya Rusli masih terus didalami Polresta Samarinda.

Penyidikan lebih lanjut yang Korps Bhayangkara ini tentunya untuk mengungkap adanya kemungkinan pelaku lain dari aktivitas pungli tersebut. 

"Dalam proses penyidikan, sementara pelaku masih berjumlah dua. Kami masih terus bekerja melakukan pengembangan untuk menyelidiki apakah ada keterlibatan oknum lain," ucap Wakapolresta Samarinda AKBP Eko Budiarto, Rabu (13/10/2021).

Terkait proses penyidikan yang masih terus dikembangkan, polisi berpangkat melati dua ini memastikan tak akan mengganggu proses PTSL.

Sebab, seluruh barang bukti yang diamankan hanyalah yang berkaitan dengan kasus pungli yang dilakukan para tersangka. 

Sedangkan, mengenai dokumen penting didalam pengurusan PTSL yang akan diverifikasi Badan Pertanahan Nasional (BPN) tidak ikut diamankan dan proses administrasi masih terus berjalan.

Dalam kesempatan ini, Eko juga menyampaikan agar warga untuk berani melaporkan apabila turut dirugikan ketika melakukan pengurusan PTSL.

"Kalau warga ada yang dirugikan akibat perbuatan atau kegiatan pungli serupa segera laporkan. Untuk pelapor kan ada sisi kolaborator yang memberikan informasi adanya tindakan pidana. Bahkan sekarang ini, bila warga sudah tahu (sadar) telah diminta (pungli), segera laporkan," tegasnya.

Pasalnya warga selama ini banyak yang tidak sadar menjadi korban pungli. Kebanyakan warga baru mengetahui setelah adanya pengungkapan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Unit Tipikor Satreskrim Polresta Samarinda.

"Baru sekarang paham ternyata hal seperti itu (Program PTSL) tidak dipungut biaya. Mereka tidak tahu kalau selama ini kena tipu dan kena pungli. Jadi kalau mereka melapor berarti mereka korban," jelasnya.

Halaman 
Tag berita:

RAGAM TERKINI

Update Terkini Ingat!! PNS Dilarang Bepergian ke Luar Kota Selama Libur Tahun Baru 2022, Jika Ngeyel Ini Sanksinya SE berisi tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau cuti bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Non PNS selama hari libur Tahun Baru 2022.
ragam Minggu, 5 Desember - 18:12
Update Terkini Didoakan Cepat Sembuh, Haji Lulung Pernah Sebut Basuki Tjahaja Purnama Gangguan Jiwa Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019 namun ia mengundurkan diri pada 2018.
ragam Minggu, 5 Desember - 14:12
Update Terkini Pengerjaan Fine Tunning, Arus Lalu Lintas Jembatan Mahakam IV Ditutup Total di Malam Hari hingga 8 Desember Pada malam hari, kendaraan dari arah kota akan menggunakan akses Jembatan Mahakam I Samarinda, yang akan kembali dibuka dua jalur.
ragam Minggu, 5 Desember - 13:12
Update Terkini Kenakan Batik Khas Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Andi Harun Ajak Desainer Buat Batik Khas Samarinda Sebab pakaian dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Samarinda saat ini disebut wali kota tidak sesuai dengan peraturan wali kota (Perwali) No. 9 tahun 2010 tentang pakaian dinas PNS.
ragam Sabtu, 4 Desember - 19:12
Update Terkini Melalui Aplikasi Kios Inflasi Digital, Wali Kota Andi Harun Pastikan Warga Samarinda Bisa Lihat Harga Kebutuhan Pokok Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia (BI), inflasi diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.
ragam Sabtu, 4 Desember - 16:12
Update Terkini Remaja SMP yang Viral Karena Perkelahian Akan Mendapat Pembinaan Ketat dari Sekolah Saat keributan ketiganya semakin membesar, petugas keamanan setempat langsung melerai ketiganya dan meminta para remaja ini segera membubarkan diri.
ragam Jumat, 3 Desember - 19:12
Update Terkini Geger Buaya 3,5 Meter Berkeliaran, Disdamkar Samarinda Bersama Relawan Berhasil Lakukan Evakuasi Proses evakuasi diakuinya terbilang sulit, lantaran banyaknya warga sekitar yang memadati lokasi untuk melihat proses penangkapan buaya.
ragam Jumat, 3 Desember - 19:12
Update Terkini Respon Pernyataan Wakil Ketua KPK, Peneliti ICW: Alexander Marwata Tak Jeli Baca Undang-undang Dalam data ICW menyebutkan ada sebanyak 61 kades yang terjerat korupsi dengan nilai kerugian mencapai puluhan miliar rupiah.
ragam Jumat, 3 Desember - 15:12
Update Terkini Rombak Koridor Jalan Kesuma Bangsa, Wali Kota Andi Harun Minta PUPR Matangkan Konsep yang Ditawarkan Rencananya PUPR Samarinda akan membuat ornamen pahlawan nasional dari Kalimantan Timur, Sultan Aji Muhammad Idris.
ragam Jumat, 3 Desember - 14:12
Update Terkini Ingin Lengkapi Fasilitas Puskesmas, Pemkot Samarinda Uji Coba Program Doctor on Call Adapun mekanisme pemanggilan tim doctor on call tersebut oleh masyarakat, lanjut Ismid, bahwa nomor tujuan sama dengan nomor telepon yang sebelumnya digunakan untuk penanganan Covid-19.
ragam Jumat, 3 Desember - 9:12
Update Terkini Binda Kaltim Kembali Gelar Vaksinasi untuk Pelajar dan Masyarakat Umum, 900 Dosis Vaksin Pfizer Disiapkan Wakil Kepala Sekolah SMKN 20 Samarinda, Rahmawati mengatakan, dalam kegiatan ini mereka melibatkan 30 tenaga vaksinator dari Puskesmas Harapan Baru, Makroman dan Sungai Kapih.
ragam Rabu, 1 Desember - 22:12
Update Terkini Selain Ciptakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Rinda Wahyuni Harun Berharap TP PKK Samarinda Juarai Lomba UKBM Tingkat Provinsi Meski memiliki ambisi tersebut, wanita yang akrab disapa Rinda itu menekankan bahwa tujuan utama daripada kegiatan ini melainkan untuk menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat.
ragam Rabu, 1 Desember - 19:12
Update Terkini Anggota Komisi III DPR RI Lakukan Kunjungan Kerja Dua Hari di Samarinda, Ada Arteria Dahlan Dan teranyar, pagi tadi lawatan dilanjutkan ke kantor Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim di Jalan M Yamin, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu.
ragam Rabu, 1 Desember - 18:12
Update Terkini Pertanyakan Alasan Rencana Pergantian Makmur HAPK, Isran Noor Minta Seluruh Pihak Menjaga Harmonisasi Bumi Mulawarman Alur selanjutnya, Sekretariat DPRD mengirimkan surat usulan pergantian ketua dewan ke Gubernur Kaltim, untuk diteruskan ke Mendagri RI.
ragam Rabu, 1 Desember - 16:12
Update Terkini Gelar Vaksinasi di Aula Pertemuan Masjid Islamic Center, Andi Harun Apresiasi Partisipasi PT Pupuk Kaltim Dihadiri langsung oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun serta Direktur Operasi dan Produksi PT PKT Hanggara Patrianta.
ragam Rabu, 1 Desember - 16:12