Jumat, 19 April 2024

Update Terkini

Ingin Lengkapi Fasilitas Puskesmas, Pemkot Samarinda Uji Coba Program Doctor on Call

Jumat, 3 Desember 2021 9:14

Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat diwawancara awak media.

VONIS.ID, SAMARINDA - Program doctor on call resmi diujicoba di Samarinda mulai 2 Desember 2021 ini. Program ini merupakan salah satu visi-misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Andi Harun - Rusmadi. 

Program doctor on call direncanakan akan launching bersamaan dengan hari jadi Kota Samarinda pada 24 Januari 2022 mendatang. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Samarinda, Ismid Kusasih menyebut, program doctor on call sebelumnya telah melalui tahap kajian hingga studi banding ke Kota Makassar beberapa waktu lalu. 

Program tersebut bertujuan memudahkan akses pelayanan kesehatan masyarakat, terutama yang bersifat kondisi kedaruratan.

Dengan sasaran program adalah lansia, bayi, balita, ibu hamil, serta warga yang membutuhkan penanganan segera demi mencegah kematian. 

Ismid menjelaskan, pihaknya telah bekerja sama dengan 10 Puskesmas yang ada di mssing-masing kecamatan Kota Samarinda. Adapun tim doctor on call di masing-masing Puskesmas itu beranggotakan dokter umum, perawat atau bidan sesuai keahliannya, dan supir. 

"Ditargetkan bisa siaga 24 jam, tapi saat uji coba ini hanya ada dua shift saja," ujar Ismid usai sosialisasi program doctor on call yang dihadiri 10 Camat se-Samarinda, Kamis (2/12/2021) di Balai Kota. 

Disampaikan Ismid, Shift pagi mulai pukul 07.30 -14.30 Wita, kemudian berlanjut pukul 14.30 - 22.30 Wita,.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Beritakriminal