Kamis, 2 Februari 2023

Pulau Pasir Berpotensi Menjadi Penyebab Perang antara Indonesia dengan Australia

Rabu, 25 Januari 2023 9:9

KONFLIK - Pulau Pasir dinilai menjadi asal muasal konflik antara Indonesia dengan Australia terjadi. Foto: Catch Me Up

VONIS.ID - Indonesia dan Australia diprediksi bakal berseteru hebat di masa mendatang.

Saat ini, baik Indonesia dan Australia diketahui masih berhubungan dengan baik.

Dalam sebuah artikel yang dilansir dari Gelora, ternyata akar konflik Indonesia dan Australia diperkirakan terkait dengan Pulau Pasir, yang memiliki minyak bumi dan gas alam. 

Masalah Pulau Pasir telah berlangsung selama puluhan tahun, disebut-sebut menjadi asal mula Indonesia perang dengan Australia, karena klaim Australia terhadap pulau ini yang diperkirakan memiliki kandungan minyak sebesar 5 juta barel.

Meskipun polemik sengketa Pulau Pasir tak sebesar Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan dahulu, namun pada akhirnya permasalahan tersebut disebut bisa menjadi asal mula Indonesia perang dengan Australia, karena di satu sisi secara historis pulau ini sangat erat hubungannya dengan Indonesia, namun di sisi lain pemerintah Indonesia tampak tak memperjuangkan pulau ini.

Dahulu digunakan sebagai rest area nelayan pulau Rote

Diketahui, jika Pulau Pasir yang disebut Ashmore Reef oleh Australia ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Indonesia yaitu sekitar 140 KM dari selatan Pulau Rote, NTT sementara dari utara Australia berjarak 320 KM.

Bahkan menurut data Pre Colonial History atau sejarah sebelum kolonial dulu, Pulau Pasir adalah wilayah yang tergabung dalam Nusantara Indonesia, termasuk juga di dalamnya Broome Australia yang merupakan areal tradisional fishing ground-nya orang Indonesia.

Kabarnya, dahulu nelayan-nelayan dari Timor, Ambon, Makassar hingga warga Pulau Rote memanfaatkan Pulau Pasir ini sebagai rest area serta tempat transit perjalanan di sisi selatan Nusa Tenggara.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Beritakriminal