Minggu, 21 April 2024

Aksi Bakar Al Quran yang Dilakukan Rasmus Tuai Protes Keras dari Berbagai Negara, Bagaimana Sikap Indonesia?

Rabu, 1 Februari 2023 16:11

POLITIKUS - Rasmus Paludan, pemimpin partai sayap kanan ekstrem Stram Kurs, di Denmark/ Foto: PWMU.CO

VONIS.ID - Aksi pembakaran Al Quran yang dilakukan politikus ekstremis sayap kanan Swedia-Denmark, Rasmus Paludan, menuai protes keras dari berbagai negara.

Setelah melakukan aksi bakar Al Quran di Stockholm, Swedia, Paludan mengulang lagi aksi provokatifnya itu di depan masjid dan kedutaan besar Turki di Copenhagen, Denmark, pada Jumat pekan lalu.

Paludan bahkan bersumpah bakal menggelar aksi bakar Al Quran setiap Jumat sampai Swedia masuk Aliansi Pertahanan Negara Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO).

Bukan cuma Paludan, warga negara Muslim juga protes terhadap aksi politikus sayap kanan Belanda, Edwin Wagensveld, yang merobek dan diduga membakar Al Quran di depan gedung parlemen di Den Haag.

Mereka umumnya tidak terima dengan aksi yang melecehkan kitab suci umat Islam dan menyerukan pemerintah negara yang bersangkutan menindak tegas Paludan dan Wagensveld.

Berikut ini sejumlah warga di negara mayoritas Islam yang memprotes keras aksi pembakaran Al Quran Paludan, dilansir dari CNN Indonesia:

1. Malaysia

Protes pecah secara sporadis di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, pada Jumat (27/1).

Polisi Kuala Lumpur memperkirakan salah satu unjuk rasa diikuti sekitar 300 orang yang berkumpul usai salat Jumat.

Protes itu diinisiasi oleh Partai Islam se-Malaysia (PAS).

Mereka mengecam tindakan Rasmus Paludan dan menyerukan Muslim untuk mengambil sikap tegas agar kejadian serupa tak terjadi lagi.

"Jika umat Islam tidak mengambil tindakan tegas, tindakan mengerikan ini akan terulang kembali. Kami ingin memberi tahu orang Swedia untuk tidak meniru tindakan tidak sopan itu," kata anggota parlemen PAS Zulkifli Ismail, seperti dikutip The South China Morning Post.

2. Indonesia

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Beritakriminal