Internasional Terkini

Duduk Soal Konflik Rusia Ukraina, Benarkah Berpotensi Terjadi World War 3?

Jumat, 25 Februari 2022 - 03:59
Serangan militer Rusia ke Ukraina, Kamis (24/2/2022) via Twitter / @Conflicts

VONIS.ID - Duduk soal konflik Rusia Ukraina yang mulai memanas, benarkah berpotensi terjadi World War 3 atau Perang Dunia III?

Presiden Rusia Vladimir Putin baru-baru ini mengumumkan operasi militer ke Ukraina, yang langsung berimbas pada serangan ke negara tetangga tersebut.

Vladimir Putin berdalih, langkah itu diperlukan demi melindungi orang-orang yang telah menjadi sasaran genosida pemerintah berkuasa Ukraina.

Kondisi terkini Ukraina, sejumlah kota besar termasuk Kyiv, ikut terdampak dengan serangan yang dilancarkan militer Rusia.

Tak ayal dunia mengkhawatirkan konflik Rusia Ukraina itu dapat memicu terjadinya World War 3 atau Perang Dunia III.

Sebenarnya konflik Rusia Ukraina telah berlangsung lama.

Sebagai bekas republik Soviet dan di dua wilayah yang pernah di bawah kuasa kekaisaran Tsar, Ukraina memiliki ikatan sosial dan budaya yang mendalam dengan Rusia.


UCAPAN SELAMAT - Ucapan selamat Pelantikan Aspeksindo/ Foto: IST


Bahkan sebagian wilayah Ukraina masih menggunakan bahasa Rusia.

Pada 2014, Rusia pernah menyerbu Ukraina, ketika kelompok separatis yang didukung VladimirPutin, merebut sebagian besar wilayah timur Ukraina.

Sejak itu, Rusia telah mencaplok Krimea.

Konflik ini memanas ketika Presiden Ukraina yang pro-Rusia digulingkan pada awal 2014.

Alhasil Rusia menyerang Ukraina dengan korban jiwa berjatuhan sebanyak 14.000 nyawa.

Rusia dan Ukraina telah menandatangani perjanjian damai Minsk untuk menghentikan konflik bersenjata di Ukraina timur, termasuk wilayah Donbas.

Tetapi karena konflik terus berlanjut, Rusia mengatakan akan mengirim penjaga perdamaian ke wilayah di mana konflik sedang terjadi.

HalamanĀ 
Tag berita:

MANCANEGARA TERKINI

Rumah Donald Trump Digerebek FBI, Brangkasnya Dibongkar Rumah mantan Presiden AS, Donald Trump digerebek oleh Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) pada, Senin (8/8/2022) waktu setempat.
mancanegara Selasa, 9 Agustus - 14:08
Ngeri! 89 Orang Tewas di Kekerasan Haiti, Dipicu Lonjakan Harga dan Kurangnya BBM Kerusuhan meletus pada 7 Juli lalu antara dua faksi yang bersaing di Cite Soleil, sebuah lingkungan miskin dan padat penduduk di Port-au-Prince.
mancanegara Kamis, 14 Juli - 18:07
Beberapa Presiden Korsel Dipenjara Usai Menjabat, Roh Moo-hyun Pilih Bunuh Diri Negeri Gingseng itu dikenal 'strict' pada penegakan hukum, namun juga kerap kali memainkan unsur politik.
mancanegara Senin, 30 Mei - 7:05
Penembakan di Robb Elementary School Fakta Baru Salvador Ramos, Beli Senjata di Hari Ultah Sembilan belas anak-anak dan dua orang dewasa tewas dalam kekerasan senjata yang mengerikan di sebuah sekolah dasar di Uvalde, Texas, Selasa (25/5/2022).
mancanegara Jumat, 27 Mei - 10:05
Penembakan di Robb Elementary School Salvador Ramos, Pelaku Penembakan Brutal di Texas Pria bersenjata tunggal, diketahui bernama Salvador Ramos (18 tahun) menjadi pelaku utama. Ia meninggal di tempat usai respon yang dilakukan kepolisian untuk penembakan brutalnya itu.
mancanegara Kamis, 26 Mei - 0:05
Penembakan Massal di SD Texas, 21 Orang Meninggal Dunia Pelaku diketahui bernama Salvador Ramos, seorang siswa menengah atas di Texas yang berusia 18 tahun. Dalam kejadian ini, ia juga tewas ditembak polisi.
mancanegara Rabu, 25 Mei - 13:05
5 Pemimpin Negara Dihukum Mati, Digantung hingga Ditembak Dalam perkembangan sejarah politik, hukuman mati juga pernah menyasar petinggi negara. Simak kepala negara, presiden atau perdana menteri yang menjalani hukuman mati.
mancanegara Sabtu, 9 April - 16:04
GHB - Obat Dipakai Reyhard Sinaga untuk Bius dan Perkosa Ratusan Pria Inggris Reynhard dinyatakan bersalah dalam 159 kasus perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria selama rentang waktu 2,5 tahun dari 1 Januari 2015 sampai 2 Juni 2017.
mancanegara Jumat, 8 April - 19:04
Internasional Terkini Duduk Soal Konflik Rusia Ukraina, Benarkah Berpotensi Terjadi World War 3? Duduk soal konflik Rusia Ukraina yang mulai memanas, benarkah berpotensi terjadi World War 3 atau Perang Dunia III?
mancanegara Jumat, 25 Februari - 3:02
Internasional Terkini Militer Rusia Perkuat Penjagaan di Perbatasan Ukraina, Amerika Diam-diam Kirim Drone Pengintai Militer Rusia perkuat penjagaan di perbatasan Ukraina, Amerika Serikat tak tinggal diam, kirim drone pengintai RQ-4 Global Hawk.
mancanegara Rabu, 23 Februari - 3:02
Internasional Terkini Jelang Natal, Vatikan Sibuk Selidiki Kasus Pedofilia di Gereja Katolik Spanyol Menjelang perayaan Natal yang menjadi sukacita bagi umat Kristiani, Vatikan justru disibukkan dengan kasus pedofilia di Gereja Katolik Spanyol.
mancanegara Selasa, 21 Desember - 6:12
Internasional Terkini Bos Ultras AC Milan Luca Lucci Ditangkap Polisi, Terlibat Perdagangan Obat-obatan Terlarang Skala Besar Bos Ultras AC Milan Curva Sud, Luca Lucci ditangkap polisi di Italia, ia terlibat perdagangan obat-obatan skala besar.
mancanegara Sabtu, 18 Desember - 2:12
Update Terkini Empat Perempuan Pakistan Ditelanjangi, Ini Penyebabnya Pria tersebut memegangi pergelangan kaki dan pergelangan tangan si wanita, kemudian dilempar ke lantai di dekat wanita pertama.
mancanegara Sabtu, 11 Desember - 18:12
Update Terkini Dihantam VOC Omicron, Harga Minyak Mentah Ambruk, Drop hingga 13% Kedua harga kontrak minyak mentah tersebut telah terkontraksi selama lima minggu beruntun dan merupakan penurunan beruntun mingguan terpanjang sejak Maret 2020.
mancanegara Minggu, 28 November - 16:11
Update Terkini Aset Jiwasraya, Kapal Pesiar Milik Heru Hidayat Dilelang Rp 7,4 Miliar Lebih lanjut, Elan mengatakan bahwa PPA Kejakgung memastikan eksekusi aset aset rampasan tetap dilakukan untuk pengembalian kerugian keuangan negara.
mancanegara Jumat, 26 November - 15:11