VONIS.ID - DPRD Samarinda menyoroti kinerja PDAM Tirta Kencana.
PDAM diharapkan mampu menyediakan ari bersih yang lancar kepada warga.
Demikian disampaikan Ketua Komisi II DPRD Samarinda, Fuad Fakhruddin dari keluhan warga yang diterimanya belum lama ini.
Keluhan yang diterima Fuad berasal dari warga di salah satu kecamatan terujung Samarinda.
Dikatakan, warga selama ini masih sulit memenuhi kebutuhan air bersih mereka karena belum maksimalkan pelayanan dari pihak terkait semisal PDAM Tirta Kencana.
“Karena air ini kan hal yang sangat penting untuk mendukung kehidupan dan aktivitas sehari-hari dari masyarakat,” ucapnya, Jumat (10/11/2022).
Dengan keluhan warga yang diterima, tak ayal Fuad meminta agar Pemkot Samarinda maupun Perumdam Tirta Kencana untuk lebih proaktif memerhatikan dan menangani hal-hal apa saja yang menjadi keluhan dan kebutuhan dasar warga.
Bukan hanya tentang ketersediaan aliran air bersih di pemukiman penduduk.
Namun juga berkaitan dengan kualitas air yang mengalir ke rumah-rumah warga.
“Supaya masyarakat yang sudah berlangganan air ini tidak kecewa dengan kualitas air yang disediakan,” lanjut Fuad.
Sebelumnya Wali Kota Samarinda, Andi Harun juga terus mengingatkan PDAM Tirta Kencana Samarinda selaku perusahaan yang mengelola air bersih, untuk terus melakukan pembenahan dan peningkatan kapasitas pengolahan air, termasuk jaringan perpipaan dan hal teknis lain.
“Jaringan distribusi air kedepan harus mampu dikembangkan.
Terutama untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau,” kata Andi Harun.
Ia pun berharap, tahun 2023 mendatang target yang dipasang Balai Prasaranan Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan untuk menjangkau 10 Ribu Sambungan Rumah (SR) bisa diwujudkan Pemkot Samarinda melalui Perumdam Tirta Kencana Samarinda.
(advetorial)