Kasus Tambang Ilegal di Kaltara Terkuak, Castro Beber Kasus Serupa di Kaltim yang Belum Tuntas

Rabu, 11 Mei 2022 - 19:29
HEADSHOT - Dosen Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Herdiansyah Hamzah (Castro)/ IST

VONIS.IDKasus yang menjerat Briptu Hasbudi karena kepemilikan tambang ilegal dan sejumlah aksi penyelundupan barang asal luar negeri disinyalir tak hanya terjadi di Kalimantan Utara, tetapi juga di Kalimantan Timur

Ungkapan tersebut tentu bukan tanpa alasan, sebab menurut seorang akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, yakni Herdiansyah Hamzah bahwa Kaltim juga menyimpan banyak kasus serupa akan tetapi tak pernah ditangani secara serius hingga saat ini.

"Bahkan ada kasus tambang ilegal menyebut inisial oknum aparat dalam persidangan, namun tidak pernah diusut sampai hari ini," tegas pria yang karib disapa Castro itu, Rabu (11/5/2022).

Untuk diketahui, kasus yang disebutkan Castro itu terjadi saat Polresta Samarinda meringkus dua pelaku tambang ilegal di area pemakaman COVID-19 Samarinda, yakni Abbas (44) dan Hadi Suprapto (39) pada 2021 kemarin. 

Kedua pelaku tersebut lantas dijerat dengan pidana, dan kasusnya disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sidang yang digelar pada Selasa (10/8/2021) tersebut, dua terdakwa dihadirkan sebagai pesakitan, melalui sambungan virtual, yang mana keduanya menyebut mendapat backing dari aparat penegak hukum untuk melakukan aktivitas ilegal minning. 

"Ada nama yang disebut disidang kasus pemakaman covid tanah merah, diproses enggak ? Ini kan aneh. Para pelaku tambang ilegal ini juga mustahil berani melakukan kejahatan secara terang-terangan tanpa backingan tertentu, yang bisa jadi backingan itu datang dari elit politik, pejabat pemerintahan, ataupun aparat penegak hukum sendiri," bebernya. 

HalamanĀ 
Tag berita:

HUKUM TERKINI

Dugaan Suap Bupati AGM Kasus Dugaan Korupsi Bupati AGM Kini Menunggu Jadwal Persidangan, Terdakwa Masih Ditahan di Rutan KPK Hal itu diungkapkan Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri, bahwa mantan orang nomor satu di Benuo Taka itu sedang menanti jadwal persidangan.
hukum Rabu, 25 Mei - 21:05
Penyidik Kejati Kaltim Geledah Kantor UPTD PPRD Bapenda Berau, Usut Korupsi Miliaran Lanjut diungkapkannya, dalam pelaksanaan tugasnya tim penyidik Kejati Kaltim sedikitnya telah memeriksa 12 saksi terkait kasus rasuah di Bapenda Berau tersebut.
hukum Selasa, 24 Mei - 19:05
Mafia Minyak Goreng Lie Che Wei Tersangka Kasus Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng, Direkrut Tanpa Kontrak Tapi Ikut Dalam Rapat Pengambil Kebijakan Terkait ini, pihak Kemendag sampaikan bahwa Lin Che Wei pada saat itu merupakan orang yang dipercaya memberi masukan tentang skema program masalah persawitan.
hukum Kamis, 19 Mei - 18:05
Tim Kejagung Datang ke Kubar, Proses Penyitaan Aset PT Gunung Bara Utama Informasi dihimpun, kedatangan Tim Kejagung ke Kubar itu sehubungan dengan perkara terpidana kasus asuransi Jiwasraya Heru Hidayat, lebih tepatnya penyitaan aset.
hukum Kamis, 19 Mei - 11:05
Berita Nasional Trending Dua Excavator Lakukan Penggalian Batu Bara di Lahan Konsesinya, PT Bramasta Lapor ke Polres Kukar Namun kata dia pengecekan lokasi tersebut hanya sebagai langkah awal pihaknya untuk melihat lokasi yang diadukan, sementara untuk pengecekan detailnya harus melibatkan pihak inspektur tambang arau ES
hukum Minggu, 15 Mei - 20:05
Komisi Pemberantasan Korupsi Wali Kota Ambon Dijemput Paksa KPK, Langsung Diperiksa Penyidik Diinformasikan bahwa Wali Kota Ambon Richard akan segara dibawa ke gedung KPK Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, malam ini.
hukum Jumat, 13 Mei - 23:05
Dugaan Suap Bupati AGM AGM Bakal Disidang di Pengadilan Negeri Samarinda Kasus korupsi yang menjerat eks Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Masud (AGM) terkait kegiatan pengadaan barang, jasa dan perizinan segera dipersidangkan di PN Tipikor Samarinda.
hukum Jumat, 13 Mei - 17:05
Eksepsi Ditolak, Napoleon Bonaparte: Buat Orang-orang Munafik, Ini Hasil Kerjamu Terkait ujarannya itu, ia tak memberikan detail siapa pihak munafik yang dimaksud. Namun, menurutnya, pihak yang dituju pasti akan tahu.
hukum Kamis, 12 Mei - 22:05
Kasus Tambang Ilegal di Kaltara Terkuak, Castro Beber Kasus Serupa di Kaltim yang Belum Tuntas Menurut seorang akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, yakni Herdiansyah Hamzah bahwa Kaltim juga menyimpan banyak kasus serupa akan tetapi tak pernah ditangani secara serius.
hukum Rabu, 11 Mei - 19:05
Anggota Polisi Main Tambang Emas Ilegal GRAFIS - Kasus Tambang Ilegal Briptu Hasbudi Menyasar Jenderal? Kasus Briptu Hasbudi akan tambang emas ilegal di Sekatak, Kalimantan Utrara membuat heboh. Beredar pula adanya narasi dugaan oknum jenderal dan sejumlah pejabat yang menerima aliran dana.
hukum Selasa, 10 Mei - 23:05
Anggota Polisi Main Tambang Emas Ilegal Waduh, Muncul Dugaan Ada Jenderal Jadi Penerima Aliran Dana Briptu Hasbudi Dari bisnis seperti tambang emas ilegal, penyelundupan pakaian bekas asal Malaysia dan lainnya, Briptu Hasbudi disebut mengalirkan uang keuntungannya kepada seorang aparat berpangkat jenderal.
hukum Selasa, 10 Mei - 17:05
GRAFIS - Anggota Polisi Main Tambang Emas Ilegal Briptu Hasbudi, oknum anggota Polri di Kaltara terjaring kasus tambang emas ilegal. Ia ditangkap bersama dengan 5 orang lainnya.
hukum Senin, 9 Mei - 21:05
Anggota Polisi Main Tambang Emas Ilegal Kasus Briptu Hasbudi, Castro: Ini Mengkonfirmasi Jika Aparat Rentan Menjadi Pemain Tambang Ilegal Kata pria yang karib disapa Castro itu, kasus yang menjerat Briptu Hasbudi itu harus dipastikan berlanjut hingga ke meja hijau.
hukum Senin, 9 Mei - 16:05
Anggota Polisi Main Tambang Emas Ilegal Kasus Tambang Emas Ilegal Briptu Hasbudi, Polisi Kembangkan Kasus Siap Sasar Anggota Kepolisian di Kaltara Dari 7 orang yang diamankan diketahui hanya 5 yang ditetapkan sebagai tersangka tim gabungan juga turut menyita 3 unit ekskavator, 2 unit truk, 4 drum sianida dan 5 karbon peredaman.
hukum Senin, 9 Mei - 16:05
Anggota Polisi Main Tambang Emas Ilegal Kapolda Kaltara Diminta Tindak Pejabat yang Kecipratan Duit Briptu Hasbudi Bisnis ilegal yang selama ini dijalankan Briptu Hasbudi di Kalimantan Utara (Kaltara) diduga uangnya mengalir ke sejumlah pejabat setempat.
hukum Minggu, 8 Mei - 19:05