Ratusan Mahasiswa Demo PT BBE, Dianggap Abai Lakukan Reklamasi Void

Senin, 8 Agustus 2022 - 15:44
MASSA AKSI - Ratusan massa aksi saat menggelar unjuk rasa di depan kantor PT BBE yang dinilai abai melakukan reklamasi void hingga menyebabkan bencana banjir dan menelan 2 korban jiwa pada 2016 silam/ Foto: VONIS.ID

VONIS.ID - Meski menjadi roda pembangkit perekonomian, namun pasalnya aktivitas pertambangan legal tak melulu mendatangkan mudarat baik bagi kehidupan masyarakat.

Khususnya bagi warga Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Samarinda di Kalimantan Timur (Kaltim).

Salah satu perusahaan yang kembali disorot yakni PT Bukit Baiduri Energi (BBE) yang memiliki luasan konsesi legal sebesar 4.000 hektare di Kukar dan Samarinda.

Namun dari luasan pengerjaan yang dilakukan, PT BBE dinilai telah lalai dan abai melaksanakan reklamasi void atau lubang bekas galian tambang hingga menimbulkan bencana banjir dan 2 korban jiwa, tepat pada medio 2016 silam.

"Dari beberapa beberapa survei dan investigasi yang kami lalukan, banyak kondisi lubang bekas tambang yang tidak ditutup (PT BBE). Kami menduga nihilnya upaya perusahaan (menutup lubang tambang), seperti yang berada di Desa Bukit Raya, Karang Tunggal, Manunggal Jaya di Kelurahan Bukit Pinang dan Lok Bahu," ucap Ahmad koordinator lapangan (Korlap) dari Jaringan Aksi Mahasiswa Pemuda Pembaharu (Jamper) dan Aliansi Masyarakat Kukar (Amara) saat melakukan unjuk rasa di depan kantor PT BBE, Senin (8/8/2022).

Sebab adanya dugaan pembiaran bekas lubang tambang itu, maka ratusan mahasiswa dan pemuda dari Jamper dan Amara pun menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor PT BBE.

Dalam demonstrasi itu, ratusan pengunjuk rasa tak hanya melakukan orasi namun juga membakar ban dan melakukan penggalangan dana untuk menyindir perusahaan yang dinilai abai mereklamasi void bekas galian lantaran tak memiliki anggaran keuangan.

HalamanĀ 
Tag berita:

NUSANTARA TERKINI

Warung Iga Bakar Sunaryo Kembali Beroperasi di Lokasi yang Sama, Pemilik Klaim Tak Langgar Apapun Bahkan lokasi berjualannya pun masih sama, yakni di simpang empat jalan protokol yang menghubungkan Jalan Ahmad Yani, S Parman, Hasan Basrie dan Gatot Subroto.
nusantara Jumat, 23 September - 22:09
Selamat Usai Duel dengan Buaya Menerkam, Ernawati: Saya Tinju Kepalanya Buaya tersebut menggigit tangan Ernawati. Tak tinggal diam, Ernawati melawan dan berusaha melepaskan tangan kanannya dari gigitan binatang buas itu.
nusantara Kamis, 22 September - 21:09
Peresmian Ong Kopitea di Jalan Angklung, Andi Harun Gunting Pita Satu lagi usaha kuliner hadir di Samarinda. Yakni Ong Kopitea yang ada di Jalan Angklung Samarinda. Dalam kesempatan itu, ia ikut melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya Ong Kopitea.
nusantara Rabu, 21 September - 21:09
Plt Kabiro Barjas Tak Hadiri Undangan Rapat Komisi III, Dinilai Tak Beretika dan Melecehkan Dewan Hal ini dikarenakan adanya beberapa alasan, salah satunya adalah ketidakhadiran Plt Kabiro Barjas itu dalam beberapa kali undangan rapat di dewan pada Komisi III.
nusantara Selasa, 20 September - 21:09
Warung Iga Bakar Sunaryo Kembali Beroperasi, Kabid Trantibum Satpol-PP Samarinda: Ini Masih Kita Bahas Warung itu pun kini mulai membuka gerainya saat hari memasuki senja di Kota Tepian, dan beroperasi membuka delapan meja makan bagi para pengunjungnya.
nusantara Senin, 19 September - 22:09
Soal Penertiban PKL, Wali Kota Andi Harun: Kepentingan Orang Banyak yang Harus Kita Dahulukan Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu juga menegaskan, pihaknya hanya ingin melakukan yang terbaik bagi seluruh masyarakat di Kota Tepian.
nusantara Jumat, 16 September - 16:09
Tegaskan Mendukung PKL dan UMKM, Andi Harun: Kecuali yang Bertentangan Melawan Perda Perkataan Andi Harun itu sejatinya juga ditujukan kepada persoalan dibongkarnya Warung Iga Bakar Sunaryo yang belum lama ini viral di media sosial.
nusantara Rabu, 14 September - 22:09
Respon Kenaikan Harga BBM Subsidi, Pemkot Samarinda Alokasikan Rp 16,5 Miliar untuk Bantu Masyarakat Dalam penyalurannya, pertama Pemkot Samarinda akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 16,5 miliar lebih dalam Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam pagu ABPD Perubahan 2022.
nusantara Rabu, 14 September - 20:09
Sekretaris DPD Golkar Kaltim soal Isu Dugaan Gratifikasi di Pelantikan Hamas: No Comment Aku Kuasa Hukum Makmur HAPK, Sinar Alam menyayangkan adanya pelantikan Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Masud yang dilakukan di Hotel Mercure Samarinda, pada Senin (12/9/2022).
nusantara Rabu, 14 September - 14:09
Klaim Hasanuddin Masud, Pelantikannya Tak Melanggar Aturan Hasanuddin Masud pun resmi menduduki posisi puncak DPRD Kaltim meski kegiatan pengangkatannya tak dihadiri oleh Gubernur Isran Noor beserta pejabat Pemprov Kaltim terkait.
nusantara Senin, 12 September - 18:09
Terungkap! Warung Iga Bakar Sunaryo Dipastikan Tidak Kantongi Izin Pengelolaan Limbah Lingkungan Dalam kunjungan itu, DLH Samarinda menemukan bahwa warung Iga Sunaryo tidak mengantongi izin operasional kegiatan dan tidak melakukan pengelolaan lingkungan.
nusantara Rabu, 7 September - 18:09
Soal Agenda Pelantikan Ketua DPRD Kaltim, Pengadilan Tinggi Belum Tentukan Sikap Bahkan Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim mengkonfirmasi telah menerima surat undangan pelantikan ketua dewan tersebut, dan dijadwalkan pada Senin (12/9/2022) mendatang.
nusantara Rabu, 7 September - 18:09
PN Samarinda Menangkan Gugatan, Kuasa Hukum Makmur HAPK: Jangan Tabrak Putusan Dalam putusan hukum yang digawangi Ketua Majelis Hakim Agus Raharjo bersama Rakhmat Dwinanto dan Nyoto Hindaryanto itu diminta untuk bisa dihormati semua pihak.
nusantara Selasa, 6 September - 17:09
PN Samarinda Kabulkan Gugatan, Makmur HAPK Menang di Sengketa Ketua DPRD Kaltim Sidang dengan nomor perkara 02/Pdt.G/2022/PN.Smr yang digawangi Agus Raharjo selaku Ketua Majelis Hakim bersama Rakhmat Dwinanto dan Nyoto Hindaryanto sebagai Hakim Anggota memberikan amar putusannya.
nusantara Selasa, 6 September - 16:09
Demo Kenaikan Harga BBM di Depan Kantor Gubernur Kaltim, Ada 700 Personel Gabungan Bersiaga Disinggung mengenai skema pengamanan, polisi nomor satu di Kota Tepian itu menerangkan akan melakukan pola yang sama seperti saat aksi-aksi yang kerap terjadi.
nusantara Selasa, 6 September - 14:09

TAGĀ 

POPULER

TOPIK 

POPULER