Kamis, 25 Juli 2024

Advertorial Pemkab Kukar

Sekda Kukar Sunggono Ingatkan Pentingnya Kerjasama Daerah

Jumat, 3 Mei 2024 21:8

Sekda Kukar, Sunggono ketika membuka bimtek Penyusunan Rancangan Pemetaan Potensi KSD, Simulasi Draft Penyusunan Naskah Kerjasama dan Tahapan Evaluasi Pelaksanaan Kerjasama, di Meeting Room Hotel Mercure Samarinda, Jumat (3/5/2024).

VONIS.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono mengingatkan pentingnya Kerjasama Daerah (KSD) untuk kemajuan peradaban.

Hal ini diungkapkan Sunggono saat membuka Bimbingan teknis Penyusunan Rancangan Pemetaan Potensi KSD, Simulasi Draft Penyusunan Naskah Kerjasama dan Tahapan Evaluasi Pelaksanaan Kerjasama, di Meeting Room Hotel Mercure Samarinda, Jumat (3/5/2024).

"Persoalan pembangunan tidak hanya urusan terkait batas-batas administrasi antar wilayah, pertumbuhan penduduk memberikan tekanan bagi pemerintah daerah untuk dapat menyediakan infrastruktur dan pelayanan, pengembangan ekonomi, pengentasan kemiskinan, permasalahan kesehatan, pendidikan dan juga kesenjangan pembangunan," ungkap Sunggono.

Menurutnya, kolaborasi dan kompetisi perlu dilakukan dalam mengelola KSD.

Pasalnya, tidak semua daerah memiliki kapasitas yang sama dan memadai dalam menyelesaikan persoalan pembangunan secara menyeluruh.

"Kolaborasi dan kompetisi perlu dilakukan dan dikelola untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki suatu daerah serta pemanfaatan pengelolaan wilayah untuk saling melengkapi kebutuhan setiap daerah," kata Sekda Kukar.

Beberapa faktor yang mendorong Kerjasama daerah diantaranya adalah kesamaan tujuan, kemampuan atau kapasitas daerah, perbedaan sumber daya serta keterbukaan dan kepercayaan dalam pelaksanaan pembangunan.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
Beritakriminal