Minggu, 3 Maret 2024

Ukraina Berharap Besar Kepada Indonesia, Bisa Terlibat Hentikan Serangan Rusia

Senin, 30 Januari 2023 16:59

ILUSTRASI - Ilustrasi tentara di Ukraina/ Foto: IST

VONIS.ID - Ukraina berharap kepada Pemerintah Indonesia agar terlibat aktif dalam upaya menghentikan serangan yang terus dilakukan Rusia.

Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, menurut pihaknya Indonesia yang memiliki prinsip kemerdekaan adalah milik setiap bangsa untuk terlibat lebih aktif dalam proses perdamaian.

Menlu Kuleba mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo yang berkunjung ke Kiev ketika agresi Rusia terjadi.

Sampai saat ini Presiden Joko Widodo menjadi satu-satunya pemimpin dari benua Asia yang mengunjungi Ukraina di tengah konflik.

“Misi perdamaian Presiden Joko Widodo akan lebih berhasil jika Rusia siap mendengarkannya, akan tetapi sayangnya Moskow menutup telinga terhadap inisiatif Presiden Joko Widodo karena Presiden [Rusia Vladimir] Putin ingin terus berperang,” ujarnya dalam keterangan pers yang disampaikan Kedutaan Ukraina di Jakarta, Sabtu (28/1/2023), dilansir dari Sindonews.com.

Meski demikian, lanjut dia, hal itu tidak masalah karena misi lain Presiden Joko Widodo berhasil yakni terwujudnya inisiasi biji-bijian yang membuka blokade perairan Ukraina sehingga ekspor biji-bijian dapat dilakukan sehingga harga lebih stabil.

Menurut Menlu Kuleba hubungan Indonesia-Ukraina berkembang dengan baik sejak tahun 1991 dan tidak terdapat konflik di antara kedua negara kala keduanya mengembangkan hubungan pendidikan, pariwisata hingga perdagangan.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Beritakriminal