Kamis, 25 Juli 2024

Advertorial DPRD Kaltim

DPRD Kaltim Apresiasi Disdik dan Kejati Beri Pembinaan Hukum Bagi Pelajar

Jumat, 4 November 2022 16:0

Anggota Komis I DPRD Kaltim, Martinus/Foto: DPRD Kaltim

VONIS.ID - Anggota dewan apresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur (kaltim), atas upaya pembinaan hukum bagi pelajar tingkat menengah atas dan sederajat.

DPRD Kaltim menilai hal itu dapat meningkatkan kesadaran hukum.

“Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum untuk SMA dan yang sederajat tahun ini merupakan langkah yang baik agar anak-anak Kaltim makin memahami hukum, sehingga hal ini sangat bermanfaat bagi mereka,” kata Anggota Komis I DPRD Kaltim, Martinus.

Martinus menjelaskan, dalam upaya pendidikan hukum maupun peningkatan pemahaman hukum kepada pelajar, bisa dilakukan dengan berbagai teknik dan bentuk, bisa langsung penyuluhan ke sekolah, game seru, lomba, maupun pemilihan duta pelajar.

Dalam hal ini, lanjutnya, seperti yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan bersama Kejati Kaltim merupakan upaya elegan, karena upaya meningkatkan pemahaman sekaligus kesadaran hukum tersebut dikemas dalam bentuk Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA dan yang sederajat tingkat Provinsi Kaltim.

Setidaknya ada beberapa materi yang harus dipahami oleh peserta dalam kegiatan ini, karena materi tersebut yang ditanya para juri, yakni materi tentang Restoratif Justice (kasus yang bisa diselesaikan melalui medias).

Kemudian materi tentang Perlindungan Anak, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), serta materi tentang Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Beritakriminal