Hadapi Krisis Corona, Berikut Teknologi yang Digunakan

Selasa, 14 April 2020 - 22:08
Photo : Ilustrasi/Pexels.com

Vonis.id-Samarinda. Manusia merupakan mahluk yang cepat beradaptasi dengan segala situasi apapun berjuang mempertahankan eksistensi dan tidak menyerah begitu saja terhadap virus yang awal muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Para peneliti, pebisnis, dan inovator seluruh dunia bahu-membahu untuk menerapkan teknologi sehingga dampak krisis teratasi.

1. Big Data

Memakai Big Data bisa memahami lebih dalam virus Corona ini. Sangat penting untuk menentukan langkah-langkah yang bisa menghentikan penyebarannya.

Nextstrain adalah proyek open source yang menyediakan data, pengurutan, dan visualisasi yang menunjukkan evolusi patogen seperti virus corona.

Informasi bisa membantu ahli epidemiologi memahami bagaimana evolusi di berbagai negara dan kemungkinan mutasi yang bisa mengubah sifat virus.

2. Mesin pembelajaran menemukan terapi

Kalau tersedia data yang cukup berkualitas, kecerdasan buatan bisa membuktikan jadi alat yang kuat dipakai memprediksi tren penyakit di masa depan dan bahkan mencari bagaimana perawatannya.

Perusahaan bioteknologi AbCellera menggunakan model pembelajaran mesin untuk mengembangkan terapi berdasarkan antibodi dari pasien yang telah pulih dari penyakit.

Secara khusus, mereka telah memakai teknologi AI untuk menganalisis lebih dari lima juta sel kekebalan ketika mencari siapa yang mampu menghasilkan antibodi untuk membantu pasien pulih.

3. Rumah sakit dengan Telemedicine

Halaman 
Tag berita:

LIFESTYLE TERKINI

Update Terkini Cerita Pilu Sheila Marcia, Mulai dari Seks Bebas hingga Diuji oleh Tuhan Lebih lanjut, Sheila Marcia juga mengaku pernah kesulitan hidup saat Indonesia dihantam pandemi Covid-19 awal 2020 lalu.
lifestyle Senin, 1 November - 16:11
Virus Corona Memiliki Efek Jangka Panjang yang Bisa Dialami Pasien setelah Sembuh Sejak akhir Desember 2019, pandemi virus Corona COVID-19 terus menyebar di seluruh belahan dunia. Bahkan, saat ini sudah menyebar di beberapa daerah di Indonesia.
lifestyle Senin, 13 April 2020 - 16:04
Buka Konsultasi Covid-19 via Instagram, Inilah Daftar Dokter Indonesia yang Bisa Dihubungi Sudah hampir satu bulan, pemerintah mengimbau masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah. Tujuannya tak lain adalah memutus rantai penularan Covid-19.
lifestyle Minggu, 12 April 2020 - 21:04