Berita Nasional Trending

Puan Maharani Tak Cuma Pasang Baliho di Lokasi Bencana Semeru, Foto Dirinya Ikut Disebar saat Bagikan Sembako

Jumat, 24 Desember 2021 - 05:03
Baliho Puan Maharani di lokasi pengungsian bencana Semeru, Lumajang Jawa Timur, dicopot ol;eh petugas Satpol PP, Kamis (23/12/2021). (Kolase Dok Satpol PP Lumajang, dan dpr.go.id)

VONIS.ID - Ketua DPR RI sekaligus kader PDIP, Puan Maharani, mendapat sorotan tajam imbas memasang baliho di lokasi bencana Semeru, foto-foto dirinya juga ikut tersebar di dalam sembako yang dibagikan ke pengungsi.

Anak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, disorot setelah manuvernya dianggap tak beretika dengan memasang baliho di lokasi bencana Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Terlihat baliho Puan Maharani bertebaran di lokasi bencana Semeru, Lumajang, hingga viral di medsos.

Adapun baliho Puan Maharani yang bertebaran itu bertuliskan 'Tangismu, tangisku, ceriamu, ceriaku. Saatnya bangkit menatap masa depan'.

Terlihat jelas foto Puan Maharani dengan latar belakang gambar para pengungsi akibat guguran awan panas letusan Gunung Semeru.

Disebut-sebut, baliho Puan Maharani itu baru muncul tiga hari jelang kedatangan Puan Maharani ke lokasi bencana Gunung Semeru.

Sedangkan Puan Maharani datang ke lokasi dan memberikan bantuan kepada para pengungsi Gunung Semeru pada Senin (20/12/2021).

Akibat baliho tersebut, Puan Maharani sempat mendapat kritik tajam dari para relawan dan warga yang mengungsi, lantaran dianggap tidak etis di tengah musibah.

Kabar terbaru menyebutkan, baliho Puan Maharani itu telah dicopot oleh Satpol PP Lumajang, Kamis (23/12/2021).

"Iya benar sudah kami tertibkan semua, jumlahnya berapa tidak hafal," kata kepala Satpol PP Lumajang Matali Bilogo melansir Kompas.com.

Meski demikian, Matali membantah pencopotan baliho Puan Maharaniitu karena mendapat sorotan dari masyarakat.

Menurutnya, pencopotan baliho Puan Maharani itu lantaran tak memiliki izin.

"Karena memang tidak ada izinnya, yang ditertibkan tidak hanya milik Puan Maharani, yang terpasang tidak berizin otomatis (dicopot)," ujarnya.

Sesuai aturan, kata Matali, menempatkan baliho apapun tanpa izin, harus ditertibkan.

"Perda memang mengatur begitu, pemasangan baner, reklame atau apapun yang tidak berizin harus diingatkan, dicopot," ungkapnya.

Tak cuma baliho Puan Maharani, Matali memastikan baliho lain yang tidak berizin di semua wilayah Kabupaten Lumajang akan ditertibkan.

"Selama petugas mampu ditertibkan," ungkapnya.

Foto Puan Maharani disebar saat bagikan sembako

Tak cuma baliho, foto puan Maharani juga ikut disebar saat pembagian sembako.

Foto Puan Maharani itu ditempatkan di dalam bingkisan sembako yang dibagikan ke para pengungsi Gunung Semeru.

Aksi bagi-bagi sembako yang berisi foto Puan Maharani dilakukan oleh anggota fraksi PDIP DPR RI.

Bahkan seluruh anggota fraksi partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu diwajibkan menyertakan foto Puan Maharani dalam sembako atau bingkisan yang diberikan kepada masyarakat selama masa reses.

Selain gambar Puan Maharani, foto anggota yang membagikan juga bisa ditempatkan di sembako itu.

Anggota Fraksi PDIP DPR, Hendrawan Supratikno mengatakan pihaknya melakukan hal tersebut agar ada keseragaman.

Di sisi lain, Puan Maharani merupakan ketua DPR sekaligus pembina Fraksi PDIP.

"Dibuat seragam dengan foto Mbak PM (Puan Maharani) sebagai ketua DPR/pembina fraksi, dan foto anggota yang bersangkutan," ujar Hendrawan mengutip CNN Indonesia, Kamis (23/12/2021).

HalamanĀ 
Tag berita:

POLITIK TERKINI

Berita Samarinda Terbaru Tak Lolos Tahap Verifikasi Bakal Calon Ketua Asprov PSSI Kaltim, Danri Dauri Duga Ada Indikasi Kecurangan Dugaan kecurangan tersebut, diungkapkan Danri sebab menilik persyaratan bagi bakal calon Ketua Asprov PSSI Kaltim wajib melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK.
politik Minggu, 22 Mei - 19:05
Kaltim Update Hasil Survei Calon Gubernur Kaltim, Elektabilitas Andi Harun Bersaing dengan Isran Noor Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil simulasi pemilihan Gubernur Kalimantan Timur, elektabilitas Andi Harun melampaui Hadi Mulyadi, kini bersaing ketat dengan Isran Noor.
politik Jumat, 15 April - 2:04
Berita Nasional Trending Golkar Ambruk, Elektabilitas Merosot Disalip Demokrat, Tetap Pede Usung Airlangga Hartarto di Pilpres 2024 Partai Golkar ambruk ketika elektabilitasnya tergerus dan disalip Demokrat, namun partai berlambang beringin itu tetap percaya diri mendukung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden di Pilpres 2024
politik Jumat, 25 Februari - 3:02
Berita Nasional Trending Pilpres 2024, Surya Paloh Siapkan 3 Nama Calon Presiden NasDem, Anies, Ganjar, dan Ridwan Kamil Berpeluang Ancang-ancang NasDem menuju Pilpres 2024, Surya Paloh siapkan 3 nama calon presiden, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil berpeluang.
politik Rabu, 23 Februari - 4:02
Berita Nasional Trending Gerakan Senyap Jelang Pilpres 2024, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU, Ketum Demokrat Minta Restu? Menjelang Pilpres 2024, Ketua Umum partai Demokrat AHY melakukan gerakan senyap dengan mengunjungi Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, minta restu kolaborasi dengan Nahdlatul Ulama.
politik Minggu, 20 Februari - 23:02
Kaltim Update Penguatan Infrastruktur Partai Jelang Pemilu, Gerindra Kaltim Siap Bawa Prabowo Menang di Pilpres 2024 Diketahui, DPC Gerindra Samarinda, telah membentuk 10 pengurus anak cabang di kecamatan, 59 pengurus ranting di tingkat kelurahan, dan 1.996 RT di Samarinda.
politik Minggu, 6 Februari - 16:02
Berita Nasional Trending Elektabilitas Sandiaga Uno Tinggi, Favorit di Pilpres 2024, Prabowo Malah Merosot Survei PRC, elektabilitas Sandiaga Uno tinggi, disebut-sebut favorit di Pilpres 2024, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto malah merosot.
politik Selasa, 28 Desember - 5:12
Berita Nasional Trending Detik-detik Sandiaga Uno Menghadap Prabowo, Usai Bikin Gaduh Gerindra Maju di Pilpres 2024 Setelah heboh membuat gaduh Gerindra, imbas dukungan maju di Pilpres 2024, Sandiaga Uno langsung menghadap Ketua Umum Prabowo Subianto.
politik Minggu, 26 Desember - 23:12
Berita Nasional Trending Puan Maharani Tak Cuma Pasang Baliho di Lokasi Bencana Semeru, Foto Dirinya Ikut Disebar saat Bagikan Sembako Ketua DPR RI sekaligus kader PDIP, Puan Maharani, disorot imbas memasang baliho di lokasi bencana Semeru, foto-foto dirinya juga ikut tersebar di dalam sembako yang dibagikan ke pengungsi.
politik Jumat, 24 Desember - 5:12
Update Terkini Soal Presidential Threshold, DPR Tidak Tutup Kemungkinan Revisi UU Pemilu Polemik presidential threshold atau ambang batas presiden, terus menguat, DPR tidak tutup kemungkinan revisi UU Pemilu.
politik Rabu, 22 Desember - 3:12
Update Terkini Alarm Buat Prabowo, Kalah Telak di Pilpres Jika Tetap Gandeng Puan Maharani, Ganjar dan Anies Melesat Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto seolah mendapat alarm jelang Pilpres 2024, bakal kalah telak jika tetap menggandeng kader PDIP Puan Maharani, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan justru melesat.
politik Selasa, 21 Desember - 6:12
Update Terkini Sandiaga Uno Semakin Terpojok Imbas Dukungan Maju Pilpres 2024, Gerindra Melawan Polemik dukungan terhadap Sandiaga Uno maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 kini berbuntut panjang, semakin terpojok setelah Gerindra melawan.
politik Minggu, 19 Desember - 4:12
Update Terkini Prabowo Hati-hati Bicara Pilpres 2024, Ketum Gerindra Masih Malu-malu Soal Kemungkinan Duet dengan Puan Maharani Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto masih sangat hati-hati bicara Pilpres 2024, soal kemungkinan duet dengan kader PDIP Puan Maharani, ia juga tak lugas memberi jawaban.
politik Sabtu, 18 Desember - 3:12
Pemegang Suara Terbanyak Tak Pasti Menangkan Musda Demokrat, Simak Penjelasannya Musda yang digelar pun disampaikan Mehbob, hanya sebatas usulan bagi para kandidat yang telah memenuhi persyaratan awal.
politik Kamis, 16 Desember - 20:12
Kaltim Update Memanas Penetapan Komisioner KPID, Komisi I Dianggap Tak Melaporkan Hasil Seleksi ke Pimpinan DPRD Kaltim Menurut Tio, sapaan akrabnya, permasalahan yang terjadi di penetapan komisioner KPID Kaltim hanyalah mis komunikasi.
politik Selasa, 14 Desember - 23:12