Update Terkini

Pergantian Ketua DPRD Kaltim Dianggap Cacat Hukum, 37 Ormas Serahkan Pernyataan Sikap ke DPRD dan Pemprov

Senin, 8 November 2021 - 16:10
Perwakilan AORDA Kaltim saat menyampaikan pernyataan sikap kepada Gubernur Kaltim, diwakili Fathul Halim, Asisten III Sekprov Kaltim

VONIS.ID, SAMARINDA - Terkait pergantian Ketua DPRD Kaltim, dari Makmur HAPK ke Hasanuddin Masud, Aliansi Pimpinan Ormas Daerah (AORDA) Kaltim menyerahkan pernyataan sikap.

37 organisasi masyarakat yang tergabung dalam AORDA Kaltim menyambangi DPRD dan Pemprov Kaltim untuk menyampaikan pernyataan sikap.

Muhammad Djailani, Ketua Umum AORDA Kaltim menilai keputusan paripurna DPRD Kaltim, soal pergantian ketua dewan dianggap cacat hukum.

AORDA Kaltim menilai keputusan tersebut di luar agenda prosedur yang sudah ditetapkan.

"Kami menyampaikan putusan tersebut adalah cacat hukum, karena bersangkutan Pak Makmur HAPK masih berproses gugatan hukum di Pengadilan Negeri Samarinda," kata Djailani, ditemui di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (8/11/2021).

"Kami sudah kenyampaikan pernyataan sikap ke DPRD Kaltim. Kami juga sudah ke Pemprov Kaltim, Pak Gubernur diwakili Asisten III," sambungnya.

Sosok Muhammad Djailani, diketahui merupakan sosok senior di Golkar Kaltim, jabatan terakhir Djailani di pengurus partai adalah Wakil Ketua DPD Golkar Kaltim.

Berikut pernyataan sikap Aliansi Pimpinan Ormas Daerah (AORDA) Kaltim, yang disampaikan ke DPRD dan Pemprov Kaltim:

1. Bahwa rapat paripurna DPRD Kaltim yang dilaksanaakan pada Selasa, tanggal 2 November 2021 yang memutuskan untuk mengusulkan pergantian Makmur HAPK dari Ketua DPRD Kaltim, kepada Hasanuddin Mas'ud adalah Cacat Hukum, karena pada saat ini masih dalam proses gugatan di Pengadilan Negeri Samarinda dengan nomor register perkara : 204/Pdt. G/2021/PN.Smr dan belum ada putusan hukum yang berkekuatan hukum tetap (inkracht).

2. Atas dasar poin 1 tersebut diatas, kami meminta kepada Gubernur Kalimantan Timur dan Menteri Dalam Negeri RI, untuk tidak memperoses dan menindak lanjuti pengusulan Pergantian Ketua DPRD Kaltim tersebut, sampai ada putusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht).

3. Kami menyatakan Makmur HAPK masih sebagai Ketua DPRD Kaltim yang sah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau selama masih dalam proses peradilan sampai adanya putusan hukum pengadilan yang bekekuatan hukum tetap (inkracht).

HalamanĀ 
Tag berita:

POLITIK TERKINI

Berita Nasional Trending Elektabilitas Sandiaga Uno Tinggi, Favorit di Pilpres 2024, Prabowo Malah Merosot Survei PRC, elektabilitas Sandiaga Uno tinggi, disebut-sebut favorit di Pilpres 2024, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto malah merosot.
politik Selasa, 28 Desember - 5:12
Berita Nasional Trending Detik-detik Sandiaga Uno Menghadap Prabowo, Usai Bikin Gaduh Gerindra Maju di Pilpres 2024 Setelah heboh membuat gaduh Gerindra, imbas dukungan maju di Pilpres 2024, Sandiaga Uno langsung menghadap Ketua Umum Prabowo Subianto.
politik Minggu, 26 Desember - 23:12
Berita Nasional Trending Puan Maharani Tak Cuma Pasang Baliho di Lokasi Bencana Semeru, Foto Dirinya Ikut Disebar saat Bagikan Sembako Ketua DPR RI sekaligus kader PDIP, Puan Maharani, disorot imbas memasang baliho di lokasi bencana Semeru, foto-foto dirinya juga ikut tersebar di dalam sembako yang dibagikan ke pengungsi.
politik Jumat, 24 Desember - 5:12
Update Terkini Soal Presidential Threshold, DPR Tidak Tutup Kemungkinan Revisi UU Pemilu Polemik presidential threshold atau ambang batas presiden, terus menguat, DPR tidak tutup kemungkinan revisi UU Pemilu.
politik Rabu, 22 Desember - 3:12
Update Terkini Alarm Buat Prabowo, Kalah Telak di Pilpres Jika Tetap Gandeng Puan Maharani, Ganjar dan Anies Melesat Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto seolah mendapat alarm jelang Pilpres 2024, bakal kalah telak jika tetap menggandeng kader PDIP Puan Maharani, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan justru melesat.
politik Selasa, 21 Desember - 6:12
Update Terkini Sandiaga Uno Semakin Terpojok Imbas Dukungan Maju Pilpres 2024, Gerindra Melawan Polemik dukungan terhadap Sandiaga Uno maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 kini berbuntut panjang, semakin terpojok setelah Gerindra melawan.
politik Minggu, 19 Desember - 4:12
Update Terkini Prabowo Hati-hati Bicara Pilpres 2024, Ketum Gerindra Masih Malu-malu Soal Kemungkinan Duet dengan Puan Maharani Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto masih sangat hati-hati bicara Pilpres 2024, soal kemungkinan duet dengan kader PDIP Puan Maharani, ia juga tak lugas memberi jawaban.
politik Sabtu, 18 Desember - 3:12
Pemegang Suara Terbanyak Tak Pasti Menangkan Musda Demokrat, Simak Penjelasannya Musda yang digelar pun disampaikan Mehbob, hanya sebatas usulan bagi para kandidat yang telah memenuhi persyaratan awal.
politik Kamis, 16 Desember - 20:12
Kaltim Update Memanas Penetapan Komisioner KPID, Komisi I Dianggap Tak Melaporkan Hasil Seleksi ke Pimpinan DPRD Kaltim Menurut Tio, sapaan akrabnya, permasalahan yang terjadi di penetapan komisioner KPID Kaltim hanyalah mis komunikasi.
politik Selasa, 14 Desember - 23:12
Update Terkini Siapkan Mesin Partai Hadapi Pemilu 2024, Agus Suwandi: Beruntung Punya Andi Harun yang Terbukti Bekerja untuk Samarinda Digelar secara tertutup, acara ini dihadiri pengurus dari tingkat DPC, Pimpinan Anak Cabang (PAC) hingga Anak Ranting se Samarinda.
politik Rabu, 8 Desember - 1:12
Update Terkini Dipecat PKS, Syukri Wahid - Amin Hidayati Bakal Gugat ke Pengadilan Negeri Kedua anggota legislatif DPRD Kota Balikpapan ini dipecat dari partai PKS pasca dugaan tuduhan palsu yang ditujukan kepada keduanya.
politik Rabu, 24 November - 19:11
Update Terkini Tanggapi Kabar yang Beredar Soal Pelaksanaan Musda V Demokrat Kaltim Digelar Hari Ini, Edy Russani Bilang Begini Dikonfirmasi terkait kabar pelaksanaan Musda tersebut, Edy Russani, Sekretaris DPD Demokrat Kaltim, menegaskan pelaksanaan Musda yang beredar adalah ilegal.
politik Rabu, 24 November - 16:11
Update Terkini Pergantian Kursi Ketua Dewan Kian Memanas, Fraksi Golkar Minta Gubernur Kaltim Tak Ikut Campur Urusan Internal DPRD Sarkowi dengan tegas meminta Isran Noor, tidak menghalang-halangi pergantian Ketua DPRD Kaltim, yang telah menjadi kesepakatan paripurna dewan.
politik Selasa, 16 November - 18:11
Update Terkini Komisi I Konsultasi ke Kemendagri Usai Pengusulan Pergantian Ketua DPRD Kaltim, Ini Hasilnya Berbagai pertanyaan pun dimunculkan apakah Makmur HAPAK masih menjadi ketua setelah diumumkan atau tidak lagi menjabat.
politik Senin, 15 November - 20:11
Update Terkini Soal Usulan Pergantian Ketua DPRD Kaltim, Sekretariat Dewan Sebut Belum Bersurat ke Gubernur Dalam kesepakatan paripurna pekan lalu, sekretariat diminta bersurat ke Gubernur Kaltim, untuk meneruskan usulan pergantian ketua DPRD ke Mendagri.
politik Jumat, 12 November - 14:11